Header Ads

6 Langkah Cara Memperbaiki laptop dengan mudah


ASC PEDIA - Kita hidup dan bekerja di dunia yang dingin dan kejam tempat laptop kita banyak disalahgunakan. Terlepas dari betapa pun lembutnya upaya kami, tidak dapat dihindarkan bahwa cepat atau lambat notebook kami akan jatuh, tumpah, dan lebih buruk.

Sementara banyak orang berpikir bahwa kerusakan notebook hanya dapat diperbaiki oleh pabrik atau toko komputer, ada beberapa masalah yang bisa murah dan mudah diperbaiki dengan alat umum, suku cadang dan sedikit usaha. Banyak dari perbaikan ini tidak lebih sulit dari proyek seni SMA.

Dengan menggunakan beberapa notebook usang yang sudah usang, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memperbaiki semuanya dari casing yang rusak dan kabel pengisi yang usang hingga kipas yang buruk dan layar yang tergores. Setiap proyek restorasi memiliki perkiraan waktu dan biaya serta bahan apa yang perlu Anda lakukan. Ikuti saja petunjuk yang telah saya uraikan untuk setiap perbaikan - tetapi ingatlah, sistem Anda mungkin sedikit berbeda atau memerlukan bagian khusus dan pendekatan yang sedikit berbeda.

Satu catatan tambahan: Walaupun saya umumnya memuji improvisasi dan mendaur ulang komponen lama untuk perbaikan, tidak ada yang seperti memiliki bagian yang tepat untuk melakukan perbaikan. Faktanya, meskipun kipas dan keyboard notebook semuanya terlihat sama, mereka sangat berbeda, dan kemungkinan yang salah tidak akan pas dan berfungsi dengan baik. Setiap perbaikan memiliki tautan ke tempat Anda bisa mendapatkan bagian yang tepat, tetapi itu hanyalah contoh dari apa yang tersedia. Jika semuanya gagal, coba eBay untuk mendapatkan yang Anda butuhkan.

Berikut adalah 6 Langkah Cara Memperbaiki Laptop dengan Mudah
  • Masalah: Kabel Charger usang/Rusak

Bahan: Sealant silikon, pita pelukis (yang tidak terlalu lengket dari selotip biasa), sarung tangan pelindung (opsional)

Karena notebook yang melakukan perjalanan perlu dicolokkan dan dicabut beberapa kali sehari, kabel dan konektor dapat dipukuli, yang mengarah ke kabel listrik yang usang. Jika ini terjadi, penting untuk mendapatkan kabel baru atau memperbaikinya segera, karena itu tidak hanya dapat merusak baterai sistem melalui pengisian intermiten, tetapi juga dapat menjadi bahaya kebakaran.

Untungnya, sebagian besar adaptor daya memiliki kabel daya AC yang dapat dilepas, yang harganya beberapa dolar dan tersedia di toko-toko seperti Radio Shack. Di sisi lain, jika konektor yang dihubungkan ke komputer adalah masalahnya, maka biayanya $ 50 hingga $ 75 harus diganti karena Anda harus menemukan adaptor AC yang tepat untuk laptop Anda dari produsen notebook atau pengecer online seperti Shop For Battery , LaptopTraveller.com atau Adaptor AC Notebook (cari merek dan nama model Anda diikuti dengan "Adaptor AC").

Atau Anda bisa memperbaikinya sendiri.

Ada perbaikan cepat dan kotor untuk kabel yang terkoyak: Hanya gulung listrik atau lakban atas kerusakan dan berharap yang terbaik. Cara yang lebih baik adalah membuat perbaikan yang lebih permanen dengan silikon sealant, tersedia di setiap toko perangkat keras dan banyak supermarket, yang akan melindungi dan melindunginya. Yang terbaik adalah menggunakan hitam untuk mencocokkan warna kabelnya, tetapi sealant yang jelas juga berfungsi dengan baik.

Untuk melindungi permukaan yang sedang Anda kerjakan, letakkan selembar pita pelukis yang lebar, bagian yang lengket ke bawah, dan letakkan area kabel yang berjumbai di atasnya. Sealant tidak akan menempel di bagian belakang pita pelukis seperti halnya hambatan lain yang terbuat dari kertas atau plastik, dan pita pelukis harus mengelupas langsung dari meja ketika Anda sudah selesai. (Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak boleh melakukan segala jenis perbaikan komputer pada furnitur bagus Anda.)

Selanjutnya, peras sekumpulan sealant ke area yang perlu diperbaiki. Kerjakan sealant lengket ke tempatnya, menutupi kerusakan dengan pelapis liberal. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan sarung tangan pelindung tipis untuk bagian ini.


Biarkan sealant sembuh selama satu atau dua jam sampai kencang. Lepaskan kabel dengan lembut dari pita (dan pita dari meja), dan Anda memiliki kabel listrik baru yang fleksibel dan siap untuk pekerjaan jalan selama bertahun-tahun.
  • Masalah: Kasing notebook retak
Bahan: Dempul epoksi, amplas, pisau cukur, spidol atau cat Sharpie, sarung tangan

Ketika notebook terjatuh, lebih sering jatuh di sudut, salah satu bagian terlemah dari kasing. Kecuali jika Anda memiliki notebook yang kasar, ada peluang bagus bahwa setelah bertemu dengan gravitasi, sudutnya akan retak atau - seperti halnya dengan Toshiba Satellite Pro 6100 saya - rusak sepenuhnya.


Itu terjadi di bandara memegang pena beberapa waktu lalu ketika saya bersin saat mengetik email. Sistem itu terbang dan menampar lantai. Sebelum saya tiba di rumah, saya meletakkan Band-Aid di atas area yang rusak untuk mencegah unsur-unsur itu keluar. Sekarang saatnya untuk memperbaikinya secara nyata.

Rahasianya adalah menggunakan epoxy dempul untuk mengisi bagian yang rusak dari kasus ini. Epoxy dempul tersedia online atau di toko perangkat keras apa pun dengan harga sekitar $ 4 hingga $ 6 per tabung, sehingga Anda bahkan dapat melakukan perbaikan ini di jalan. Merek dempul yang Anda pilih tidak masalah, tetapi hindari variasi pengaturan cepat karena mungkin akan mengeras sebelum Anda selesai.

Pertama, pastikan area yang rusak bersih dan bebas dari kotoran dan kepingan.

Maka sudah saatnya menyiapkan dempul. Muncul seperti sebuah silinder dengan dua komponen yang saling melilit. Cukup potong bagian dan putar bagian-bagiannya menjadi satu.


Kunci untuk perbaikan kasing halus adalah dengan mencampur kedua komponen secara menyeluruh di tangan Anda. Karena dempul mengeras akibat reaksi kimia antara dua bagian, penting bahwa keduanya dicampur bersama. Anda mungkin ingin menggunakan sarung tangan untuk bagian ini karena beberapa orang sensitif terhadap bahan kimia dalam dempul.

Cobalah menggulung dempul ke dalam silinder panjang dan kemudian melipatnya beberapa kali. Setelah beberapa menit, dempul menjadi seragam putih atau abu-abu dan Anda siap.

Anda akan merasa seperti anak kecil yang bekerja dengan Play-Doh, dan pada kenyataannya, dempul itu haruslah konsistensi dari Play-Doh, yang sempurna untuk membuatnya masuk ke area yang rusak. Tekan dengan kuat ke dalam lubang di kasing dan gunakan jari Anda atau pisau cukur untuk membentuknya mengikuti kontur kasing. Ketika menutupi area tersebut, ambil sisi rata dari pisau cukur atau bagian belakang penggaris dan tekan permukaan luar untuk meratakannya. Setiap dempul yang berlebih dapat dibersihkan dari kasingnya dengan handuk kertas sebelum mengering.

Ketika Anda menyukai tampilannya, lakukan sesuatu yang lain selama satu atau dua jam sampai epoksi sembuh. Ketika telah mengeras, patch epoksi sama kuatnya dengan kasus plastik.


Banyak DIYers berhenti di sini, dan menggunakan perbaikan yang jelas sebagai lencana kehormatan prajurit jalan atau pemula percakapan di perjalanan. Saya lebih suka sedikit lebih banyak finishing, jadi saya menghaluskan epoxy dengan 150- dan 220-grit amplas. Lalu saya memberikan pengamplasan terakhir dengan kertas 2.000-grit yang sedikit basah untuk menghilangkan goresan permukaan.

Secara alami, warnanya tidak cocok. Jika ini adalah perbaikan kecil, coba gunakan spidol Sharpie untuk menutupinya. Untuk perbaikan ini, saya menggunakan cat pesawat model enamel, yang harganya sekitar Rp,45.000 untuk botol kecil; satu set penuh warna dengan kuas adalah Rp.100.000. Saat kering, perbaikan dilakukan dan hanya bisa dilihat jika Anda perhatikan dengan seksama.


  • Masalah: Kipas Yang Jelek / Bad Fan

Bahan: Obeng, udara tekan, kipas pengganti

Kipas pendingin yang berisik atau rusak tidak hanya mengganggu tetapi tidak membawa cukup udara pendingin ke dalam case, berpotensi menyebabkan notebook menjadi terlalu panas dan merusak elektronik di dalamnya. Untungnya, ini bukan perbaikan yang sulit. Bahkan, jika Anda beruntung, Anda mungkin tidak perlu mengganti kipas sama sekali.

Toshiba Satellite Pro 6100 saya memiliki satu kipas pendingin, walaupun banyak sistem, terutama sistem permainan dan hiburan yang lebih besar, memiliki dua atau lebih kipas untuk membawa udara dingin untuk prosesor, perangkat keras grafis dan hard drive. Lebih sering daripada tidak, kipas tersumbat oleh debu, puing-puing dan kotoran, yang dapat membuat mereka berisik dan menurunkan efisiensinya. Jika sistem Anda mengeluarkan bunyi deringan atau bunyi gerinda atau terlalu panas, perbaikan ini untuk Anda.


Sebelum Anda melakukan hal lain, temukan tempat di mana udara segar masuk dan udara panas keluar - biasanya satu atau lebih kisi-kisi berlubang di bagian samping atau bawah sistem. Mungkin ada dua atau tiga ventilasi, jadi jangan mudah menyerah. Masukkan sedotan plastik dari sekaleng udara bertekanan ke setiap lubang angin dan tiupkan semua debu yang Anda bisa; Anda mungkin ingin mengenakan masker debu atau menjalankan penyedot debu karena mungkin ada jumlah debu yang menjijikkan.

Jika ini tidak memperbaiki keadaan, saatnya untuk menggali dan membuka kasing. Biasanya ada sekitar selusin sekrup di bagian bawah kasing yang harus Anda lepaskan untuk membuka kasing, tetapi sangat bervariasi tergantung pada notebook - misalnya, beberapa model mengharuskan Anda untuk melepas keyboard untuk masuk ke dalam. Jika tidak segera jelas, periksa manual Anda atau lakukan riset online untuk mengetahui bagaimana kasus Anda terbuka.

Setelah membuka casing dengan hati-hati, cari kipas angin dan singkirkan debu atau detritus tambahan.


Saat Anda berada di sana, perhatikan baik-baik apa saja yang tersangkut di bilah kipas yang mungkin menghambatnya. Putar pisau dengan jari Anda, dan jika itu membuat suara atau tidak berputar bebas - seperti halnya dengan Toshiba saya - itu perlu diganti.

Sebelum melangkah lebih jauh, tulis nomor model kipas dan daring untuk mencari kipas pengganti. Gunakan mesin pencari favorit Anda dan ketikkan nomor model dan "kipas pendingin". Kemungkinannya adalah bahwa bahkan untuk komputer yang berusia lima atau enam tahun, akan ada penggemar yang tersedia dari beberapa toko suku cadang, seperti NotebookRepairParts dan Excel Computer, Inc. Penggantian harus dikenai biaya mulai dari $ 5 hingga $ 20.


Setelah Anda memiliki kipas baru di tangan dan yakin itu adalah yang tepat, Anda dapat mengeluarkan kipas lama. Pertama, cabut konektor daya kipas. Setiap sistem berbeda, tetapi Anda mungkin harus melepaskan bingkai yang menahan kipas, dan kemudian membatalkan beberapa sekrup yang memegang kipas ke bingkai.

Sekarang Anda dapat menghapus kipas dengan lembut. Mungkin perlu sedikit kemahiran untuk melepaskan kipas angin karena biasanya pas di sana. Banyak kipas notebook tersambung ke pipa panas, tabung tipis berwarna perak atau tembaga yang menarik panas dari prosesor atau chip grafis. Pipa panas biasanya terkunci atau sekrup ke dalam unit kipas. Cobalah untuk tidak menekuk pipa panas saat Anda melepaskan kipas karena itu akan mengurangi efisiensinya dalam mendinginkan prosesor.

Dengan kipas baru siap digunakan, selipkan kembali dan pasang kembali semuanya dengan hati-hati. Sebelum Anda memasang kembali bagian bawah casing, tancapkan konektor daya dan nyalakan mesin. Jangan khawatir jika itu tidak langsung dimulai karena kipas dapat menyala hanya setelah sistem memanas. Setelah Anda memverifikasi bahwa itu berfungsi, tutup mesin dan mulai bekerja.
  • Masalah: Stuck keyboard
Bahan: Obeng, keyboard pengganti untuk sistem Anda
Salah satu cara paling umum dan membuat frustasi notebook baik menjadi buruk adalah dengan kunci macet atau rusak. Dalam kasus saya, Satellite Pro 6100 memiliki kunci "R" yang macet - ketika saya menekannya, saya mendapat satu atau dua baris Rs.

Dalam beberapa kasus (terutama MacBooks) Anda bisa mendapatkan kunci penggantian individual, tetapi mereka cukup mahal - seringkali $ 8 atau $ 9 per kunci. Dalam kebanyakan kasus, keyboard lengkap harganya hanya sedikit lebih banyak dan merupakan kesepakatan yang lebih baik dalam jangka panjang.

Mulailah dengan mencari keyboard pengganti untuk sistem Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan mesin pencari Web favorit Anda dan ketik model notebook dan kata "keyboard." Ada peluang bagus bahwa Anda akan menemukan beberapa toko online - termasuk GetPartsOnline dan LaptopZ - yang menjual keyboard yang tepat seharga antara $ 5 dan $ 20 untuk yang diperbarui atau bekas dan antara $ 15 dan $ 100 untuk yang baru.

Saya memilih keyboard yang diperbarui pada $ 10 karena sistem yang saya miliki lebih dari lima tahun - keyboard baru kemungkinan akan hidup lebih lama dari sisa mesin.

Beberapa laptop memiliki bilah pengunci di atas atau di bawah keyboard yang menahannya. Yang lain membuat Anda melepas sekrup dari bagian bawah casing sebelum keyboard dapat dilepas, dan yang lain meminta Anda untuk membuka seluruh case untuk masuk ke keyboard. (Jika itu menggambarkan sistem Anda, ini adalah proyek yang bagus untuk dilakukan saat Anda mengganti kipas.) Taruhan terbaik Anda adalah mencari-cari dan mencari jalan keluar atau menelusuri manual sistem untuk menemukan jawabannya.

My Satellite Pro 6100 memiliki bilah pengunci di atas keyboard yang menahannya, jadi instruksi yang mengikuti adalah untuk jenis perangkat itu.

Setelah mencungkil bilah pengunci di bagian atas keyboard, tarik keluar. Lepaskan keyboard.


Angkat keyboard sedikit, tetapi sebelum Anda melepaskannya sepenuhnya, pastikan Anda mencabut kabel pita yang menghubungkannya ke motherboard sehingga Anda tidak merusak kedua bagian. Dengan keyboard dicabut dengan aman, angkat.


Sekarang saatnya untuk menginstal keyboard baru. Setelah mencolokkan keyboard baru, masukkan dan pasang kembali keyboard. Akhirnya, pasang kembali bilah kunci.

Itu saja, tapi saya sarankan mencoba semua kunci sebelum merayakan pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Bahkan keyboard yang diperbaharui dan diketahui memiliki kunci buruk, jadi Anda mungkin telah menukar satu masalah dengan yang lain. Sebagian besar datang dengan setidaknya garansi 30 hari - Anda mungkin membutuhkannya.
  • Masalah: Layar tergores
Bahan: Pasta gigi, kain, pembersih jendela
Mengganti layar dan elektronik inverter-nya adalah pekerjaan yang sulit yang dapat menelan biaya beberapa ratus dolar dan memakan waktu berjam-jam. Untuk sistem yang lama, kemungkinan tidak layak. Tetapi jika layar hanya sedikit tergores, itu tidak perlu dipikirkan lagi untuk memperbaikinya.

Setelah perjalanan ke pantai pada hari yang berangin musim panas lalu, saya melihat banyak goresan kecil dan satu yang besar pada layar netbook PC Intel Classmate saya. Goresan-goresan itu mengganggu gambar layar.


Jenis goresan ini dapat dihaluskan dengan sedikit pasta gigi (dan maksud saya pasta gigi - varietas gel biasanya tidak memiliki abrasive yang diperlukan) dan sedikit minyak siku.

gosok pasta gigi pada goresan Gosok pasta gigi dengan lembut ke dalam goresan. (Klik untuk melihat gambar yang lebih besar)
Usapkan pasta gigi di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda dan itu akan terasa agak berpasir dan berpasir.


Ini abrasive ringan yang akan memperbaiki masalah layar.

Gosok pasta gigi dengan lembut dalam gerakan melingkar di atas goresan selama beberapa detik (tidak terlalu keras - Anda bisa menghilangkan lapisan permukaan layar).

Lalu bersihkan layar dengan kain lembut.


Akhiri dengan membersihkan layar dengan pembersih jendela berbasis non-amonia. Favorit saya adalah Sprayway, tetapi ada rak-rak toko kelontong yang dipenuhi dengan produk-produk ini. Lihatlah dan jika goresan tidak hilang, ulangi prosesnya.

Strategi ini tidak sempurna. Dengan netbook saya, pasta gigi hanya menghilangkan sebagian goresan besar, tetapi itu menghilangkan semua goresan kecil. Ditambah netbook saya sekarang memiliki aroma segar yang segar.
  • Masalah: Laptop terendam air
Bahan: Handuk, obeng, udara bertekanan - dan harapan
Mengapa ketika ada segelas air atau kopi yang akan tumpah, umumnya ada notebook? Sebut saja Hukum Mobilitas Murphy, tetapi saya telah melihat beberapa notebook mati karena tumpahan.

Jika Anda telah menumpahkan soda atau macchiato karamel ke dalam buku catatan Anda, Anda mungkin kurang beruntung. Apa pun yang mengandung gula adalah kematian - setelah mengering, gula itu ada di sana selamanya, menggerogoti komponen sistem Anda. Pada titik itu, Anda bisa mengirimnya ke seorang profesional untuk menggunakan air deionisasi dan banyak kesabaran, yang bisa menjadi pekerjaan $ 1.000 dan memakan waktu berminggu-minggu, tetapi Anda mungkin lebih baik hanya mengeluarkan hard drive dan membeli mesin baru.

Jika hanya air atau kopi tanpa gula yang telah Anda tumpahkan, peluang Anda untuk menyimpannya jauh lebih baik. Meskipun penting untuk bertindak cepat, hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk sistem basah adalah segera jalankan untuk melihat apakah ia berfungsi. Jika ada air di dalamnya, Anda berisiko membuat listrik pendek dan berpotensi menyebabkan kerusakan permanen. Yang harus dilakukan adalah menenangkan dan mengeringkan sistem sebelum menekan tombol daya.

Cabut mesin dengan cepat dan keluarkan semua komponen yang mudah dilepas seperti baterai, drive CD, hard drive dan keyboard, dan sisihkan untuk dikeringkan secara terpisah. (Anda memerlukan obeng untuk melepas beberapa bagian ini; bacalah manual Anda untuk mendapatkan petunjuk).


Miringkan sistem di sisinya untuk membantu mengalirkan air keluar. Bantulah diri Anda dan letakkan handuk di bawahnya. Coba jauhkan cairan dari layar saat Anda melepas komponen dan menguras sistem.

Goyangkan sistem dengan lembut untuk mengeluarkan cairan dari banyak sudut dan celah di dalamnya; ventilasi udara umumnya bertindak sebagai saluran air. Selanjutnya, gunakan sekaleng udara bertekanan untuk meniup bagian dalam kasing sekering mungkin.


Merupakan ide bagus untuk membiarkan alat berat duduk di dekat ventilasi udara pemanas atau pendingin semalaman - atau lebih lama jika Anda bisa menahan ketegangan - untuk benar-benar mengeringkannya.

Ketika Anda yakin sistem telah mengering, pasang kembali, mulai dan harapkan yang terbaik. Jika mulai OK, biarkan berjalan untuk sementara waktu untuk menghapus sisa kondensasi atau tetesan. Jika tidak mulai, saatnya mempertimbangkan untuk membeli mesin baru.

Semoga Artikel ini Bermanfaat. [ASC]

Baca Juga :


Donor Darah Saat Sedang Menstruasi? Apakah Boleh?

Donor Darah Saat Sedang Menstruasi? Apakah Boleh?

No comments

Powered by Blogger.