Header Ads

Tips Membersihkan Jamur pada Lensa Kamera DSLR

Tips Cara Membersihkan Jamur pada Kamera DSLR
Cara Membersihkan Jamur Pada Lensa Kamera DSLR
ASC PEDIA - Jamur Pada Lensa Kamera Sangatlah Menyebalkan bagi Fotografer ataupun Videografer karena bisa mengacaukan bahkan merusak hasil jepretan foto yang bagus yang susah didapatkan terlebih lagi ketika jamur tersebut berada di tengah-tengah lensa...Wow....Lebih menyebalkan sekali.

Ketika Jamur masih berada di pinggir lensa, mungkin masih kita atasi tetapi hal tersebut membuat agak menyulitkan seorang potografer ketika akan mengambil jepretan foto karena sang fotografer harus memikirkan 2 kali bahkan 3 kali lipat Angel foto yang benar-benar Pas, Tepat dan Sesuai agar Sang Jamur Tidak kelihatan atau Sang Jamur tadi bisa sedikit membantu sebagai Efek Jepretan Foto.

Dari beberapa pengalaman, lensa kamera digital mampu berjamur diakibatkan karena penyimpanan kamera atau lensa kamera yang kurang tepat, kerap kali gara-gara disimpan pada daerah yang lembab tetapi hal tersebut kurang disadari bagi sebagian fotografer, terutama Fotografer Pemula.

Artikel Terkait : Cara Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

Contohnya andaikata kamera DSLR, kita simpan pada lemari pakaian, walau didalam lemari pakaian tersebut adalah Semua Pakaian kering tetapi kadang waktu terdapat beberapa busana yang masih belum kering secara sempurna. Pada tingkat kelembaban tertentu, jamur masih belum mampu muncul pada lensa kamera kita, tetapi andaikata disimpan pada daerah yang lembab dalam kurun waktu yang lama, maka suatu saat nanti lensa kamu dapat berjamur.

Ketika Jamur Berada pada Lensa Luar, mungkin kita bisa sedikit gampang membersihkan jamur tersebut tanpa membongkar lensa kamera, Hal Yang Sangat Menyebalkan lagi ketika Jamur Tersebut Berada di dalam Lensa Dalam. Kamu pun Harus Membongkat Lensa Kamera tersebut.

Dalam Hal ini Jamur terdapat 2 jenis, ASC PEDIA membagi dalam 2 jenis jamur yaitu :

1. Jamur ringan

Dalam hal ini jamur terdapat pada optik luar lensa (baik depan atau belakang) yang sangat mudah dijangkau/dilakukan pembersihan tanpa harus membongkar elemen lensa. Pada langkah ini kebanyakan umur jamur belum menahun, jadi mampu dibilang masih berwujud, ada juga jamur berwujud bintik-bintik dan belum melebar jadi satu kesatuan jamur yang lebih besar.

Solusi mengatasi lensa yang berjamur di luar Lensa :

Pada tahapan ini jamur mampu dibersihkan bersama cairan pembersih lensa yang banyak dijual ditoko-toko aksesoris kamera. Gunakan kain paling lembut dan bertekstur halus, gosok perlahan dan optik lensa jangan ditekan sangat keras karena mampu menjadikan baret halus. Ulangi hingga jamur sangat hilang dan lensa kamera bersih. Setelah sangat bersih, manfaatkan kertas tisu lensa sebagai sistem finishing untuk mengangkat sisa-sisa debu, minyak dan lembab bekas ukiran tangan ketika dibersihkan.

2. Jamur Berat

Dalam hal ini bakal-bakal jamur merasa menyatu jadi satu kesatuan, berukuran relatif lebih besar hingga menutupi semua optik pada lensa. Dalam masalah ini kebanyakan jamur telah berusia bulanan atau apalagi tahunan akhir dari akumulasi pembiaran dari bibit-bibit jamur tanpa segera dilaksanakan pembersihan. Umumnya posisi jamur terdapat pada elemen optik lensa episode dalam yang tidak mampu atau susah untuk dibersihkan gara-gara harus dilakukan pembongkaran pada elemen lensa yang mau gak mau harus mengerti teknik dalam bongkar pakai lensa.

Pada langkah terparah kadang waktu ditemukan elemen optik lensa yang telah muncul ibarat kabut (fog) khususnya pada optik lensa dalam yang terdiri atas beberapa elemen lensa yang digabungkan jadi satu kesatuan seperti sistem pengeleman.

Solusi mengatasi Jamur Pada Lensa Dalam :

Jika optik yang terkena jamur berada di bagian dalam lensa, mau tidak mau harus dilakukan pembongkaran/melepas elemen lensa (NOTE: Anda harus mengerti teknik membongkar lensa).

Untuk Fog atau lensa berkabut menurut penjelasan teknisi yang biasa mengatasi perbaikan dan pembersihan lensa (cuci lensa) disebabkan gara-gara pemuaian dari lem yang digunakan untuk mengkombinasikan pada 2 elemen atau lebih pada optik lensa, solusinya elemen-elemen optik lensa yang menyatu selanjutnya harus terlebih dahulu dipisahkan pada bagian yang satu bersama yang lainnya. Salah satu cara, yang terhitung muncul sedikit ekstrim yakni direbus bersama suhu tertentu hingga metode-metode alternatif lainnya. (Note : Jika Kalian Tidak Yakin Gak Usah dilakuin).

Nah Pada Artikel ini ASC PEDIA akan sedikit berbagi cara membersihkan Jamur pada Lensa Luar.

Peralatan yang diperlukan: 

  1. Obeng minus.
  2. Kain lap bersih.
  3. Cairan pembersih lensa.
  4. Hair dryer.

Perhatikan: pada bagian depan lensa biasanya terdapat ring yang memiliki ceruk. Ceruk ini agaknya dibuat oleh pabrik lensa untuk membantu membongkar-pasang lensa. Dalam kasus ini, lensa yang diservis adalah Nikkor 18-200 VR.



1. Pertama-tama, ujung obeng dimasukkan ke dalam ceruk ring lensa.

Untuk menghindari terjadinya goresan, balutlah ujung obeng dengan kain lap (chamois) yang bersih.
Selanjutnya, putarlah ring lensa ke arah berlawanan jarum jam.


2. Lensa pun terbongkar


3. Semprot permukaan lensa yang berjamur dengan cairan pembersih lensa.


4. Keringkan lensa dengan lap (chamois) yang bersih dan kering


5. Sembur lensa dengan angin panas dari hair dryer


6. Sembur pula kerongkongan bodi lensa dengan hair dryer

7. Lalu, Pasang kembali lensa ke bodinya


8. Kencangkan ring kembali. Dengan obeng yang dibalut lap

Niscaya, kini lensa Anda terbebas dari jamur dan segera dapat dipakai kembali.
Semuanya ini dapat Anda kerjakan sendiri dengan biaya 0 rupiah. Biaya servis seperti ini bisa mencapai 300-an ribu rupiah di tempat servis biasa, dan bisa mencapai 700-an ribu rupiah di tempat servis yang membawa sertifikat merek lensa (terutama bila garansi lensa sudah habis atau lensanya memang tidak pernah bergaransi resmi).


Mudahkan Cara Membersihkan Jamur Pada Lensa Kamera DSLR, Semoga Artikel ini Bermanfaat Untuk Anda [ASC]

Baca Juga :

No comments

Powered by Blogger.